Blog Seputar Matakuliah Teknik Informatika

Pengertian SEO ON PAGE dan SEO OFF PAGE


Pengertian SEO ON PAGE dan SEO OFF PAGE

        Seo On Page dan Seo Off Page, merupakan metode yang harus diketahui dan diterapkan untuk masing - masing publisher Google Adsense. Tujuannnya untuk apa? untuk menaikan rating blog pada search engine, dan untuk mendapatkan pengunjung yang banyak pula. Dengan begitu, maka pendapatan keuntungan yang akan diperoleh dalam akun Adsense akan lebih banyak pula. Kaitannya dengan bisnis online, maka tidak sepantas sebagai blogger untuk mengabaikan teknik ini. Jika kedua tekni ini di praktekan, maka kinerja situs/blog akan mendapatkan predikat baik atau malah bisa sampai ketaraf sangat baik.

SEO ON PAGE

Optimasi SEO ini, dikhususkan hanya ada didalam website. terdapat banyak cara, yang dapat praktekan guna optimasi SEO Onpage, yakni :

URL Domain : Dalam proses pembuatan website, akan sangat muhimmah jiddan kalau dalam bahasa arabnya (penting), untuk melakukan sebuah analisis terlebih dulu sebelum melakukan pembangunan pada website. Tujuan terbentuknya website adalah harus benar - benar jelas, yang tentunya mengarah kepada URL Domain yang telah disepakati. Karena, pada dasarnya agar website bisa terus naik untuk mendapatkan kinerja yang baik, maka dibutuhkan untuk memilih URL Domain yang tepat.

Jika kaitannya dengan optimasi keyword, maka akan sangat perlu diperhitngkan untuk URL Domain, yang tentunya sesuai dengan keyword yang telah menjadi sasaran. bila memang URL Website, telah sesuai dengan target keyword, itu artinya pemilikik website, sudah siap untuk berkompetisi dengan bantuan kata kunci tersebut.

Peringatan penting untuk publisher Google Adsense, agar tidak menggunkan tanda Hyphens(-) serta penggunaan angka pada URL Domain. Sebagai contoh Salah satu bentuk real situs yang memiliki Url Domain adalah www.maxikom.co.id. Dan kebetulan untuk blog milik saya belum tergabung dengan domain, karena ada kendala dengan masalah waktu, mohon dimaklumi. Dengan telah terpasangnya domain pada blog/situs yang dibuat, maka  artinya sudah siap untuk berlomba dalam meningkatkan keyword pada search engine.

Template : Selalu harus dibangun atau dipilihnya tamplate SEO Friendly, pada blog/situs. Untuk saat ini, telah banyak tamplate premium gratis yang memiliki struktur SEO Friendly. Jika memang ingin membentuk sebuah tamplate SEO Friendy, maka jangan lupa untuk belajar mengetahui elemen - elemen yang menjadikan website tersebut menjadi SEO Friendly.

Tag judul : Tag judul ini adalah bagian dari hal yang penting untuk memberikan pengertian dalam isi postingan. Tag judul tidak jarang di pakai dalam search engine Google, agar pastinya dapat ditampilkan dalam keadaan benar pada halaman pencarian. Sebagai misal, satu yang diprioritaskan adalah dengan membiasakan untuk menuliskan kata kunci yang berhubungan pada Tag Judul.

tag judul seo















Meta Tag : Meta Tag ini merupakan bagian pada Meta Description, Meta Keyword serta Meta Content lainnya yang dapat memberikan bantuan kepada situs/blog nantinya situs/blog dan agar dapat cepatr terindex pada search engine. Meta Tag  yang sedang saya bahasa ini, pastinya akan menuangkan informasi yang begitu penting yang ada pada halaman website pada Google Crawler.  Meta Tag tidak bisa ditampakan secara menyeluruh pada halaman muka website. Namun akan benar - benar akan mengoptimalkan mesin pencarian (Google).

Format H1 - H3 : Mesin pencarian, akan benar - benar memunculkan rating blog, berdasarkan urutan, dari kiri sampai kanan, atas sampai bawah. oleh sebab itu, sangatlah penting untuk seorang blogger, menempatkan H1 pada suatu kalimat yang pertama pada konten website. Yang sudah menjadi kebiasaan, bahwa T1 ditempatkan pada judul blog , sedangkan H2 tepat ditempatkan pada judul Widget, atau bisa juga ditempatkan pada Subheading.

Internal link : Link dalam ini, memiliki fungsi yang baik bila memang bisa diterapkan untuk setiap artikel atau bagian menu website yang sedang berkembang. Mengapa internal Link menjadi hal yang sangat urgen untuk pembentukan website yang ideal. Because, tujuan yang paling utama internal linking yakni, untuk memberikan banyak bantuan pada mesin pencarian agar mampu melewati untuk seluruh page artikel, serta berfungsi untuk keseluruhan situs atau blog.
Sebuah susunan yang begitu baik, dengan artikel yang tentunya akan terindek pada mesin pencarian. Sebagai salah satu semple untuk kepemilikan menu website yang tersususn dengan baik dan artikel yang berkaitan dengan hubungan dan tidak berlebihan. Untuk keumuman sebuah artikel akan sangat baik manakala memiliki satu internal Link dalam sebuah artikel.

Image ALT Text : Dalam pembelajaran SEO, yang paling sering dijadikan sasaran adalah pada artikel pastinya. Namun, ternyata masih ada lagi cara yang lain untuk melakukan optimasi guna untuk menaikan rating pada search engine. yaitu, melalui picture/gambar. Memperbanyak gambar untuk mengimbangi artikel yang telah disajikan akan mempercepat untuk memperbanyak jumlah tayangan. Yang pastinya, artikel tersebut bukan sebuah artikel yang  kopy paste.

Optimasi pada artikel dan picture, akan membantu untuk mendapatkan Traffic yang lebih tentunya, serta memberikan manfaat guna kepercayaan pada pemakai, bahwa website digunakan akan mudah untuk di hubungkan, karena memiliki picture - picture yang diingankan untuk pemilik blog.

Hal yang paling diutamakan dalam prosesi mengupload picture adalah pastikan terlebih dahulu nama gambar  yang menjadi sebuah keterangan yang simple, untuk memberikan pengaruh blog agar cepat naik peringkat pada serach engine. Sebagai misal,  (gambar logo situs/blog) yang memiliki nama "falahnurdin.png". Yang berikutnya, tambahkan ALT Text untuk masing - masing gambar yang ditampilkan. Penjelasan yang diberikan untuk masing - masing gambar, pastinya akan memudahkan Search Engine agar tau, gambar apa yang akan ditampilkan pada artikel. Penjelasan pada suatu gambar setidaknya memiliki panjang 5 -15 kata, alangkah baiknya. Bila memang penjelasan tersebut terlalu panjang, maka akan membuat sulit Search Engine untuk mengenali gambar tersebut. Bagi SEO dapat dimasukan pada kata kunci gambar, namun kata demi kata harus tetap berhubungan guna untuk memberikan arti gambar.



Image ALT Text SEO

Sitemap: adalah link yang berisi kumpulan - kumpulan tautan pada seluruh page yang ada dalam situs/blog. Sitemap memudahkan untuk pemakainya, agar tentunya dapat mencari artikel dengan mudah. Selain itu, sitemap memberikan kemudahan pada mesin pencarian Google untuk mengindex masing - masing page dalam situs/blog. Submit link Sitemap website ke Webmaster Tools, agar cepat dikenal oleh mesin pencarian dan masunk dalam rating yang mempengaruhi target. Tidak harus menjadi yang utama, yang penting bisa masuk terlebih dulu, dan terlihat pada urutan pertama hingga ke 11.

Optimasi URL Artikel : URL Artikel yang sedang dibahasa memiliki SEO Friendly yang benar - benar penting, karena Google telah menuangkan sebuah informasi bahwa URL dalam sebuah halaman, harus masuk diakal, serta memberikan kemudahan untuk penggalan kata demi kata yang jelas dalam penjabaran tag judul.

Underline, Italic, Bold : dalam sebauh artikel yang ditulis, pastinya akan ada sebuah penggunaan format Text Bold, Italic, dan Underline yang berfungsi untuk indexitas suatu artikel pada mesin pencarian. dan jadikanlah kebiasaan untuk pengunaan format text dalam masing - masing pembentukan artikel. Format text akan memberikan bantuan untuk menaikan kualitas SEO Onpage situs/blog dan memberikan bantuan  kepada pemakai agar bisa tertarik untuk membaca tulisan yang dibuat.


SEO OFF PAGE

      Optimasi Seo off page ini, benar - benar digunakan bukan untuk coding dalam website, melainkan Optimasi situs/blog yang dilakukan diluar website. Untuk membangun SEO Off Page yang berkualitas, tentu dengan melalui dua cara. Yang pertama muncul istilah whitehat, yang memiliki pengertian yakni melakukan tindakan - tindakan yang aman (natural), dengan kata lain seorang publisher blog melakukan tidakan optimasi yang sesuai dengan kebijakan  - kebijakan yang telah diberikan.

Kemudian akan kita temui lagi istilah blackhat yang berarti menggerakan aktifitas untuk pembangunan  Seo Off dengan melakukan cara yang jarang orang lakukan, cukup berbahaya karena aktifitas seo ini, diluar batas kebijakan yang telah ditetapkan. Metode yang sering dilakukan dalam langkah - langkah optimasi Seo Offpage, yang diantaranya yaitu :

Media Sosial : Media ini sangat beraneka ragam untuk data - datanya, yang menjadi salah satu contohnya adalah artikel atau link artikel. Cobalah untuk membagi artikel - artikel yang telah dibuat dengan sebaik mungkin, kemudian share pada profil facebook, dengan mengkaitkan teman yang telah disetujui. Cara yang sering saya  lakukan ini, pastinya dapat mendatangkan pengunjung dari 100 - 1000 pengunjung. Owh amazing!!!!!!!!! Dengan saking banyaknya pengunjung yang datang, maka akan berbanding lurus dengan Google mendeteksi artikel yang dibuat. Bisa jadi, masuk urutan yang mudah orang membacanya langsung pada mesin pencarian.

Backlink : Yang demikian ini adalah salah satu SEO Off Page, yang benar -benar memberikan pengaruh kepada tingkatan Page Rank (PR), dengan adanya peningkatan keyword yang dimiliki oleh pemilik  situs/blog yang dinginkan.  Backlink yang dibangun, seharusnya baik dan bukan backling yang menimbulkan spam. Kenapa harus demikian? because, situs/blog yang menyalahi aturan dengan ketentuan yang dapat membuat suatu situs/blog terkena penalty oleh mesin pencarian Google (Penguin - Panda). Tidak sedikit cara untuk mengembangkan backlink, sebagai misal pyramid, Dummy Blog, Sosial bookmark, Edu - Gov, Web 2.0, Forum, Blog to Web (1 arah), blog to blog (dua arah), Blog walking, Review, Web Directory, Submitter, iklan dan cara yang lainnya yang disesuaikan dengan pengamatan dan perhitungan yang dibuat.

Tools Seo Google :  Dalam pengembangan website, terdapat sebuah manfaat yang sangat luarbiasa, yang telah diberikan oleh Google Sebagai misal Analytics, Webmaster, Adwords Keyword Planner, Consumer Surveys, PageSpeed Insights, Content Expreriments, Places for Business, Alerts, Tag Manager. Serta pelajari pada manfaat tools yang telah dipaparkan oleh Google, yang disebabkan karena akan terbantunya dalam pembangunan website yang benar - benar Friendly SEO.

Share Gambar :  Menaruh ulang picture pada artikel yang berhubungan dengan website database gambar umum, serta jangan lupa untuk memberikan penjelasan yang berupa link balik pada artikelnya. metode ini akan sangat dapat untuk meningkatkan backlink serta jumlah pengunjung pada suatu situs/blog. Sedangkan dalam metode lain dengan cara menuangkan watermark link website pada gambar. Sedangkan metode yang lainnya bisa developmentalisasi pada kemampuan sendiri. 


 
0 Komentar untuk "Pengertian SEO ON PAGE dan SEO OFF PAGE"

Back To Top