Blog Seputar Matakuliah Teknik Informatika

Ilmu Tajwid


Tajwid



Ilmu Tajwid


Tajwid merupakan suatu bacaan yang baik, elok, indah dan jelas dan membaguskan. Sedangkan secara bahasa, tajwid berasal dari kata Jawwada (جوّد-يجوّد-تجويدا). Sedangkan secara istilah tajwid adalah yang digunakan untuk mengetahui bagaimana sebernaya membunyikan huruf - huruf dengan benar, baik huruf yang berdiri sendiri maupun huruf dalam rangkaian.

Permasalahan - permasalahan yang harus diketahui dan harus bisa dipecahkan adalah bagaimana mempelajari makhorijul huruf (tempat keluar masuknya huruf), ahkamul huruf (hubungan antara huruf), ahkamul maddi wal qasr (panjang dan pendeknya suatu ucapan), ahkamul waqof wal ibtida' (memulai dan menghentikan bacaan) serta al - khat al-utsmani.

Pengertian yang lain pada ilmu tajwid adalah bagaimana menyampaikan dengan sangat baik, bacaan - bacaan yang ada dalam Al Qur'an. Untuk hukum mempelajari  tadwid adalah fardu kifayah, namun pada saat membaca bacaan Al qur'an, maka hukumnya menjadi fardu 'ain. Untuk hukum ini, diperuntuhkan untuk muslim dan muslimah terlebih khusus mukallaf (dewasa).

Referensi :
1.  Buku Pelajaran Tajwid Penerbit "Apollo Lestari" Surabaya
2.  Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Tag : Tajwid
0 Komentar untuk "Ilmu Tajwid"

Back To Top